perbedaan pluralisme dan multikulturalisme

  • Menurut R. J. Mouw Dan S. Griffon pluralisme berasal dari kata plural (Inggris) yang berarti jamak, dalam arti ada keanekaragaman dalam masyarakat, ada banyak hal lain di luar kelompok kita yang harus diakui. Lebih luas lagi, pluralisme adalah sebuah “ism” atau aliran tentang pluralitas (dalam S. Ma’arif, 2005: 11). Pluralisme dapat dikatakan sebagai paham yang mengakui adanya perbedaan-perbedaaan antara suku bangsa, agama, budaya, dll. Selain itu pluralisme mengakui adanya kemajemukan dan dalam masyarakat pluralisme ada perbedaan-perbedaan perlakuan baik antara anggota masyarakat maupun antara kelompok masyarakat, ada dominasi yang kuat kepada yang lemah, dominasi mayoritas kepada minoritas sehingga sering terjadi konflik.
  • Dalam masyarakat multikulturalmemperjuangkan kesederajatan antara kelompok minoritas dan mayoritas, baik secara hukum maupun secara sosial. Multikulturalisme menuntut masyarakat untuk hidup penuh toleransi, saling pengertian antar budaya dan antar bangsa dalam membina suatu dunia baru (Syahrial Syarbaini, Rusdiyanta, 2009: 114)

sumber :

Syahrial Syarbaini, Rusdiyanta. 2009. Dasar-dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Syamsul Ma’arif. 2005. Pendidikan Multikulturalisme di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka

4 thoughts on “perbedaan pluralisme dan multikulturalisme

  1. Perlu dipahami multikulturalisme dan pluralime agama, bagian dari pergerakan freemasory gerakan rahasia zionis-yahudi untuk membentuk tatanan dunia baru.

    1. ko anda lebih tahu mengenai pergerakan freemasory gerakan rahasia zionis-yahudi untuk membentuk tatanan dunia baru. jadi siapa???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s