sedikit tentang global warming.,.

Berbicara tentang global warming  saat ini memang sedang marak dibicarakan  di berbagai belahan dunia. Beberapa waktu lalu juga diadakan konferensi tentang global warming. Apa penyebabnya  dan beberapa cara mengatasinya akan saya bahas sedikit dalam tulisan ini.

Pemanasan global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Berbagai literatur menunjukkan kenaikan temperatur global – termasuk  Indonesia – yang terjadi pada kisaran 1,5–40 Celcius pada akhir abad 21. Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik (seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dsb). Fokus juga diberikan pada antisipasi terhadap dua dampak pemanasan global, yakni : kenaikan muka air laut (sea level rise) dan banjir.*

Selain itu efek global warming juga bisa menyebabkan hilangnya lapisan ozon di atmosfer. Padahal lapisan ozon ini sangat berguna bagi manusia yaitu melindungi manusia dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya bagi manusia.Melihat dampak yang disebabkan oleh global warming tersebut kelihatan mengerikan dan mengancam kehidupan manusia di muka bumi. Dengan melihat dampak tersebut kita diharapkan juga mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang juga merupakan penyumbang emisi gas yang cukup besar. Ini terlihat semakin meningkatnya penggunaan kendaraan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Walaupun dikatakan Motor dan Mobil di zaman sekarang sudah ramah lingkungan tetapi tetap saja emisi gas yang dikeluarkan berjumlah banyak seiring peningkatan penggunaan kendaraan pribadi tersebut.

Mungkin cara menghadapinya antara lain bisa dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, melakukan penghijauan kembali terhadap hutan gundul, mengurangi cerobong cerobong asap pabrik, dll. Cara yang mudah dan simpel yang bisa kita lakukan antara lain adalah mengurangi penggunaan parfum, menanam pohon-pohon, menggunakan kendaraan motor tidak terlalu sering (sesuai keperluan). Untuk daerah kawasan pantai juga diharapkan melakukan penanaman pohon bakau, yang bisa mengurangi efek naiknya permukaan laut atau abrasi. Sedangkan curah hujan yang semakin tinggi dan ekstrim serta tidak sesuai musimnya lagi, ini juga kemungkinan efek dari global warming sendiri dan menyebabkan terjadinya banjir yang diakibatkan juga oleh kurangnya daerah resapan air.

Melihat banyaknya kerugian yang bisa diakibatkan oleh global warming sendiri, marilah kita renungkan apa yang harus kita lakukan demi kehidupan sekarang dan masa depan.

*dikutip dari : http://geo.ugm.ac.id/archives/28

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s