Materi Pembelajaran Perubahan Sosial

Pengertian perubahan sosial sebagai berikut.

  • Selo Soemardjan

Mengartikan bahwa masyarakat adalah orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan

  • Kingsley Davis

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

  • William F. Ogburn

Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Perubahan Sosial

Keadaan Geografis

Lingkungan fisik dapat mempengaruhi penduduk untuk mudah atau sulit mengalami perubahan. Temperatur yang terlalu tinggi, adanya badai atau gempa bumi, semuanya memberi pengaruh pada manusia untuk mengubah gaya hidup mereka. Sedikit banyaknya sumber kekayaan alam akan sangat menentukan jenis kehidupan yang akan dialami oleh kelompok orang tertentu. Misalnya perubahan di lingkugan pedesaan dimana banyak tanah milik waga desa yang dijadikan perumahan sehingga menimbulkan perubahan pola gaya hidup masyarakat sekitar.

Teknologi

Penemuan dalam bidang teknologi mengakibatkan perubahan sosial yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat. Misalnya, penggunaan alat transportasi dan komunikasi yang canggih yang banyak memberikan kemudahan bagi manusiauntuk berkomunikasi dan memperoleh informasi dalam waktu relatif singkat sehingga dapat mempengaruhi perubahan sosial dalam masyarakat baik yang berdampak positif maupun negatif.

Ideologi

Ideologi dasar yang terdiri dari keyakinan dan nilai-nilai yang bersifat kompleks pda setiap masyarakat. Ideologi dapat dijadikan alat untuk memelihara, tetapi ia akan membentu mempercepat timbulnya perubahan jika keyakinan dan nilai tersebut tidak lagi memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Contohnya adanya revolusi industri mengakibatkan munculnlnya kapitalisme yang mempengaruhi pola hidup masyarakat.

Kepemimpinan

Perubahan sosial sering kali dipelopori oleh pemimpin yang kharismatik karena mereka mampu menarik pengikut-pengikut dalam jumlah besar yang akan bergabung dengan mereka dalam derakan sosial. Contohnya adalah Soekarno-Hatta yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

  1. Populasi Penduduk

Peningkatan dan penurunan jumlah penduduk dapat menjadi penyebab perubahan sosial. Contohnya pesatnya pertumbuhan penduduk Indonesia menyebabkan peningkatan pengagguran, kemiskinan, kriminalitas, dan lain sebagainya.

Bentuk-bentuk Perubahan Sosial

1)    Perubahan yang berlangsung Cepat (Revolusi) dan Lambat (Evolusi)

Perubahan yang berlangsung lambat (evolusi) merupakan perubahan yang memerlukan waktu yang lama, karena terjadi dengan sendirinya tanpa direncanakan dimana terdapat suatu rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. perubahan sosial budaya juga bersifat atau berlangsung cepat dan menyangkut sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat yang dinamakan revolusi.

2)      Perubahan yang pengaruhnya Besar dan Kecil

Perubahan kecil yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada unsur-unsur masyarakat yang tidak membawa pengaruh langsung atau kurang berarti bagi masyarakat. Perubahan mode rambut, mode,pakaian. Berbeda dengan proses industrialisasi dapat membawa pengaruh besar terhadap keseluruhan unsur dalam masyarakat agraris. Lembaga-lembaga kemasyarakatan yang terdapat dilingkungan masyarakat akan ikut terpengaruh. Oleh karena itu disebut perubahan sosial yang mempunyai peengaruh besar.

3)      Perubahan yang Dikehendaki (Direncanakan) dan Tidak dikehendaki (Tidak direncanakan)

Perubahan yang direncanakan (planned change), yaitu perubahanperubahan sosial yang sebelumnya telah dikehendaki atau diprogramkan terlebih dahulu oleh warga masyarakatnya. Perubahan sosial yang tidak direncanakan berlangsung di luar pemikiran atau jangkauan masyarakat serta menimbulkan konsekuensi sosial yang tidak dikehendaki.

berdasarkan rangkuman beberapa buku sma saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s