Uang dalam Kacamata Sosiologi

Menurut George Simmel, uang memiliki kemampuan mentransformasikan atau mengubah dunia sosial ke dalam dunia aritmatik, uang juga merupakan “sarana reifikasi paling murni: karena kemampuan kalkulatifnya.

Karl Marx mengatakan uang merupakan sebuah opium baru selain agama. Uang dapat mengubah perilaku hidup manusia, kesetiaan dapat diubah menjadi khianat, cinta menjadi benci, budak menjadi tuan, hamba menjadi raja, buruh menjadi majikan, lawan menjadi sahabat, kebodohan menjadi kepandaian, dan seterusnya. Tetapi uang juga bisa menjadi sumber penderitaan hidup manusia, seperti seorang pemimpin yang meski sangat dihormati, tiba-tiba bisa menjadi sangat dinistakan lantaran melakukan kejahatan berlatar belakang uang.

Karl Marx yang mempertegas bahwa uang yang berfungsi sebagai alat tukar dalam konteks masyarakat modern yang hanya berorientasi keuntungan diri dipandang sebagai agen individualisme yang tak memiliki makna sosial.

Menurut Emile Durkheim, uang dapat dipahami sebagai fakta sosial yang keberadaannya dalam masyarakat bersifat bebas dari motif-motif personal, obyektif bahkan bersifat memaksa terhadap individu.

Menurut Talcote Parsons, uang tidak hanya sebagai instrument ekonomi tetapi juga bahasa simbolik yang terbagi, ini bukan komoditi melainkan penanda.

Tulis sosiolog Schumacher, kita perlu meratapi manusia yang benar-benar hidup dalam kultur uang dan koruptor yang tak tahu diri karena telah pudar hidupnya.

Sosiolog kenamaan, J Dewey, mengatakan masyarakat modern semakin hidup dalam kultur uang. Tatkala uang dijadikan alat tukar yang sah dalam transaksi ekonomi sekitar abad ke-17, saat mulai berakhirnya transaksi ekonomi sistem barter, sejak itu uang menjadi primadona. Muncullah ungkapan uang adalah raja dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s