Hipotesis atas Konflik Sosial Menurut Cak Nun

Tiga Hipotesis atas Konflik Sosial Merebaknya konflik-koflik sosial di banyak titik di Indonesia mungkin disebabkan oleh tiga butir hal berikut ini:

1. Belum 302856_466935786682494_1341130572_nadanya landasan untuk rukun, yaitu keadilan sosial, ekonomi, dan manajemen pemerintahan yang bagus. Dengan begitu, masyarakat tak pernah terpuaskan hatinya karena hak-hak dasar mereka sebagai warga negara belum pernah terpenuhi secara seksama.

2. Kita tidak bisa menghalangi merebaknya materialisme, kapitalisme, dan industrialisme yang melahirkan egoisme kepentingan dan kerakusan-kerakusan di segala bidang bahkan sampai di wilayah-wilayah yang seharusnya tidak dikapitalkan, misalnya wilayah agama, kebudayaan, kesehatan, dan pendidikan.

3. Ketidakrelaan internasional terhadap kerukunan negara Indonesia. Indonesia diprovokasi sedemikian rupa supaya rapuh sehingga sangat mudah dijajah tanpa melalui penyerbuan seperti di Iraq dan Afghanistan, atau melalui pembunuhan pemimpinnya seperti yang terjadi pada Saddam Husein dan Khadafi, atau melalui provokasi ekstrim seperti di Mesir dan Syiria. Ada celah-celah di Indonesia di mana tidak ada kohesi sehingga Trio Amerika Serikat – Israel – Arab Saudi dapat dengan mudah melakukan infiltrasi sampai ke Perda-Perda, rapat-rapat DPRD sampai DPR. Seluruh tatanan perundang-undangan kita beberapa tahun terakhir sudah sangat diwarnai kepentingan mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s