Mobilitas Sosial

mobilitas sosial

Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Menurut Soerjono Soekanto gerak social mobility adalah suatu gerak dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Perubahan dalam mobilitas sosial ditandai oleh perubahan struktur sosial yang meliputi hubungan antarindividu dalam kelompok dan antara individu dengan kelompok. Baik mobilitas individu maupun kelompok sama-sama memiliki dampak sosial. Keduanya membawa pengaruh bagi perubahan struktur masyarakat yang bersangkutan. Mobilitas sosial terkait erat dengan stratifikasi sosial karena mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan dari satu strata sosial ke strata sosial yang lain.

Mobilitas sosial tidak selalu diartikan sebagai bentuk perpindahan dari tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi, karena mobilitas sosial sesungguhnya dapat berlangsung dalam dua arah. Dari arah pergerakannya terdapat dua bentuk mobilitas sosial yaitu:

Mobilitas vertikal adalah perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau sekolompok orang pada lapisan sosial yang berbeda, perpindahan dapat bergerak naik ataupun turun.

Sosial climbing adalah mobilitas yang terjadi karena adanya peningkatan status atau kedudukan seseorang.

Sosial sinking adalah proses penurunan status atau kedudukan seseorang, proses penurunan ini terkadang menimbulkan gejolak psikis bagi seseorang karena ada perubahan pada hak dan kewajibannya.

Mobilitas horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama. Ciri utama mobilitas horizontal yaitu lapisan sosial yang ditempati tidak mengalami perubahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s