Stratifikasi Sosial

etraMenurut Pitirim A. Sorokin (1959), social stratification is permanent characteristic of any organized social group, artinya stratifikasi sosial merupakan cirri yang tetap pada setiap kelompok sosial yang teratur. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa stratifikasi sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat. [1]

Stratifikasi sosial (pelapisan sosial) sudah mulai dikenal manusia sejak manusia menjalin kehidupan bersama. Terbentuknya pelapisan sosial merupakan hasil dari kebiasaan manusia berhubungan antara satu dengan yang lainnya secara teratur dan tersusun, baik secara perorangan maupun kelompok. Akan tetapi, apapun dan bagaimanapun wujudnya kehidupan bersama membutuhkan penataan atau organisasi. Dalam rangka penataan kehidupan bersama inilah akhirnya terbentuk pelapisan sosial. Pada masyarakat yang taraf kebudayaannya masih sederhana, maka pelapisan yang terbentuk masih sedikit dan terbatas, sedangkan masyarakat modern memiliki pelapisan sosial yang kompleks dan tajam perbedaannya.

Stratifikasi sosial akan selalu ditemukan dalam masyarakat selama di dalam masyarakat tersebut terdapat sesuatu yang dihargai. Adapun dasar atau ukuran yang biasa dipakai untuk menggolongkan anggota masyarakat ke dalam suatu pelapisan sosial yaitu kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan ilmu pengetahuan (pendidikan). Dalam stratifikasi sosial juga terdapat unsur-unsur yang terkandung di dalamnya yaitu status atau kedudukan dan peran. Stratifikasi sosial bersifat tertutup dan terbuka. Stratifikasi sosial (closed social stratification) tertutup artinya membatasi kemungkinan seseorang untuk pindah dari satu lapisan ke lapisan yang lain. Sedangkan, stratifikasi terbuka (opened social stratification) artinya setiap anggota mempunyai kesempatan untuk naik ke pelapisan sosial yang lebih tinggi karena kemampuan dan kecakapannya sendiri, atau turun ke pelapisan yang lebih rendah bagi mereka yang tidak cakap dan tidak beruntung.


[1] Tim Sosiologi. Sosiologi: Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Halaman 15.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s